Terlalu Dini Bermimpi Membangun Tol

Aceh masih dalam tahap pembangunan. Pemerintah Aceh punya beberapa rencana untuk pembangunan, salah satunya membangun jalan tol (high way) yang bekerjasama dengan Korea Selatan. Rencananya jalan bebas macet ini akan dibangun dari Banda Aceh tembus ke Medan melalui jalur bumi Tanah Rencong bagian Timur.

Maaf, ini terlalu dini untuk dicanangkan. Alangkah baiknya sebelum membangun jalan tol, lebih dulu pemerintah Aceh membangun jalan-jalan di pedesaan di seluruh Aceh yang hari ini sangat memprihatinkan. Rusak parah. Lobang menganga di mana-mana, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan kerena lobang di jalan.

Sementara bila melihat jalan raya Banda Aceh-Medan, sungguh mulus tanpa “luka”. Jika pun “luka atau berjerawat” ia “dioperasi palstik”. Hampir setiap hari diperlebar dan diperbaiki. Sehingga ketika orang luar datang ke Aceh, mereka akan mengatakan, “Sangat bagus perhatian pemerintah Aceh terhadap pembangunan jalan,” ini seolah-olah pemerintah berhasil dalam mensejahterakan jalur transportasi rakyat Aceh.

Lalu, apakah pemerintah tidak mau memperhatikan lagi jalan desa? Atau tidak ada anggaran kalau untuk memperbaiki jalan pedesaan? Atau pemerintah betah duduk bergoyang-goyang dalam mobil plat merah ketika sesekali memasuki jalan desa? Homlah!

**Ini surat pembaca untuk tabloid Tabangun Aceh

Advertisements

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s