Aceh Malam

Bicara malam selalu disuka orang. Kata Ari tentang malam pada suatu larut malam, bahwa malam: disukai pengantin baru; disukai penggemar istirahat; disukai penggemar bola; disukai penikmat film Barat, disukai pelajar dan pengajar, disukai penulis, disukai penyiar, disukai peromantis, disukai pencuri, disukai pelacur, disukai pengaji, disukai tukang cukur, disukai penyembahyang, disukai pecinta alam, disukai pedagang, dan disukai musang yang berkunjung ke kandang-kandang ayam.

“Oya, juga disukai perazia malam. Kamu tahu kan yang belakangan ini, tim terpadu yang dipimpin wakil walikota melakukan razia tengah malam ke sekeliling kota. Saya kasian pada wakil walikota, larut-larut malam harus ikutan melakukan razia mencegah maksiat. Tapi, sungguh mulia dan tumben wakil walikota lakukan. Lihatlah, hasilnya nihil,” ujar Ari keesokannya pada kawannya. Brahim menanggapinya, mungkin saja untuk dunia malam di kota Banda juga ada cuak (mata-mata), sehingga penikmat dunia malam sudah tahu akan ada razia sebelum dirazia. “Karena itu, lakukanlah razia secara mendadak, pasti manjur,” tutur Brahim.

“Tak hanya di Banda kawan, kalian tengok pula di Lhok, di Langsa, di Sigli atau di kota lainnya di Aceh yang juga punya kisah miris tentang dunia malam,” ungkap Jailani. Dan, khusus kupu-kupu malam, mereka biasa bersandiwara dengan lelaki hidung belang di usaha penjualan burger yang terkesan remang-remang. Atau, “di warung remang-remang yang sengaja dibikin penjual, tepatnya,” sela Aya. “O, Aya ini, bukannya kamu semalam ikut dirazia di Ulee Lheu?” Tanya Isan. “Iya, tapi aku cuma mancing.” Sambung Isan, “tapi termasuk wanita malam juga kan?”. Aya terdiam. Sudahlah.. Jangan bertengkar. Lanjut ke cerita malam. Jailani melerainya.

Ari jadi teringat pada cerita Jakarta Undercover yang mengungkap kemirisan dunia malam di Jakarta. Juga Jailani teringat pada cerita Aceh Undercover yang mengungkap kemirisan dunia malam di Aceh beberapa tahun lalu. Juga Isan teringat pada acara sebua tivi swasta yang menayangkan kehidupan dunia malam di Aceh beberapa hari lalu. Sungguh memalukan. Itu belum lagi kalau ada kasino, bioskop atau diskotik di Aceh, meski baru-baru ini tersiar kabar kalau di sebuah hotel mewah di Banda sduah terungkap bahwa ada diskotik mini di dalamnnya. Ironi segala ironi, kata Jailani. Masa di negeri syariat islam hal seperti adanya kupu-kupu malam dengan bebas terbang di pinggir-pinggir jalan ketika tengah malam.

Kini kehidupan malam di Aceh sungguh memilukan. Di sana sudah berbaur antara kupu-kupu malam, ayam malam, kucing garong, buaya darat, bahkan lintah darat yang suka main sama kupu-kupu dan ayam malam. “Ka meusapat binatang mandum (Sudah bergumul binatang semua)!,” cela Ari. Nah, “Aya, dengar kata Pak Bus (baca: Jangan Dibaca!), jangan lagi pakai pakaian ketat jika ingin Aceh ini kembali suci dari binatang-binatang malam itu,” terang Jailani. “’E hai Abang ganteng…”. Mereka pun menyantap leughok (sejenis timphan) bareng yang dibawa Aya di kantin.[]

(CP HA 20/4/11)

Advertisements

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

4 thoughts on “Aceh Malam”

  1. lumayan keren. sekarang makmur sudah banyak perkembangan ya. bahasa nya yang dulu kami pening buat mikir, sekarang lebih mudah dicerna. abis tu wawasan lebih banyak dan uptodate. Perkembangan yang cepat.
    congrasx, utk saat ini kami baru bisa kasih komen, tapi jangan tanya dulu soal karyanya.hehehe…

    1. Terimakasih apresiasinya.
      Jangan sampai tua kamu menunggu datangnya semangat untuk menulis.
      Kata AA Gym: Mulailah dari hal-hal kecil, mulailah dari sekarang juga.

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s