Juki dan Baya Mengirimku ke Gayo

Boneka JariTidak seorang pun yang membuat saya tertarik untuk melihat dampak bencana di Tanah Gayo. Tapi sepasang boneka jari bernama Juki dan Baya berhasil membangunkan jiwa humanisku.

Minat relawan saya lahir di antara riuhnya pengunjung Dhapu Kupi Banda Aceh ketika duduk bersama Muhammad Syafrial Hayat pada malam 17 Juli 2013, sekitar dua minggu setelah gempa.

Pemuda yang akrab disapa Al itu merupakan koordinator RumahPohon Activity Aceh.

Dari ranselnya, ia mengeluarkan puluhan boneka jari. Jerapah berwarna kuning diberi nama Juki dan buaya hijau bernama Baya.

“Tolong bagikan boneka ini kepada anak-anak pengungsi di Gayo,” Al menyerahkan sekantung boneka jari kepada Kibo yang berencana ke Gayo esoknya.

“Ceritakan pada mereka bahwa Indonesia rawan bencana karena terletak di Cincin Api,” tegas volunteer ConVis itu.

###

“Gempa terjadi karena gerakan lempeng tektonik yang saling bertabrakan. Kalau benturan terjadi terus menerus, ia membentuk rangkaian gunung api. Kalau di dunia itu mencapai panjangnya 40 ribu km berbentuk tapal kuda di area Samudra Pasifik. Di Indonesia berada dalam areal tapal kuda yang disebut Cincin Api  atau Ring of Fire.“

“Di dunia Cincin Api memiliki 452 gunung berapi. Sebanyak 129 gunung api tersebut melingkari Indonesia. Jadi jangan heran kalau negeri ini rawan bencana, adanya gempa dan gunung meletus.”

Tum. Tum. Tum. (suara gunung meletus).

“Tolong.. Tolong.. Bu, Tolong.. “

“Tenang, jangan panik. Keluarkan tas siaga.”

“Tas siaga?”

“Iya, ..

“… Sebenarnya tas siaga itu isinya raport, surat-surat penting, uang, baju tiga potong, selimut atau sarung, obat-obatan, air minum dan makanan seadanya. Jadi saat kita di pengusngsian nanti kita tidak susah, minimal kita sudah punya persiapan sampai bantuan itu datang..”

Lengkapnya lihat di http://www.youtube.com/watch?v=rkHweFvCDTQ

###

Boneka jari Juki&Friends diciptakan Salma Indria Rahman, pencetus RumahPohon Activity. Sebagaimana tertulis di grup Facebooknya, RumahPohon Activity didirikan pada 2009 untuk memasyarakatkan kembali tradisi mendongeng dan penanaman budi pekerti sekaligus peningkatan kreativitas anak secara edukatif melalui boneka jari.

Salma kemudian datang ke Banda Aceh pada 2012 dan membangun jaringan klub dongeng SOS Childrens Village.

Ia kemudian mengajari guru PAUD/TK se-Banda Aceh dan Aceh Besar tentang edukasi bencana menggunakan boneka jari.

Al tertarik pada cara Salma dan bergabung dengan RumahPohon Activity.

Ketika Salma balik ke Jakarta, Al diminta meneruskan perjuangannya. Al bersama Ihan Sunrise dan Arif pun menumbuhkan RumahPohon Activity Aceh melalui SOS Children Village di Gampong Jawa.

Sosialisasi Juki&Friends dilakukan disana sejak Maret 2012. Usaha mereka mentok pada Mei karena tidak mendapat respons yang baik dari warga (terutama ibu-ibu) setempat.

Kini, Al memanfaatkan gempa Gayo untuk memperkenalkan Juki&Friends—kali ini Juki hanya ditemani Baya. Bahwa anak-anak Indonesia perlu diberikan edukasi bencana melalui dongeng.

Boneka jari akan dijadikan ikon edukasi bencana yang didalangi relawan RPA.

“Ariska, volunteer RPA Aceh, akan membawa Juki dan Baya ke Gayo besok,” sebutnya.

Seketika jantung berdetak kencang. Saya berhasrat membantu Ariska. Jiwaku benar-benar terpanggil. Kamis siang, saya, Ariska, dan Hamzah (pada akhirnya bergabung juga) berangkat ke Gayo.

Dalam perjalanan, saya teringat sosok Yoko Takafuji, sukarelawan asal Tokyo yang mengajari mitigasi bencana ala kearifan lokal di Nias. Ia bahkan menyarankan agar Aceh memuat syair semong dalam tarian Saman sebagai upaya mitigasi bencana berbasis kearifan lokal (Harian Kompas, 4 Juli 2013, hal. 16).

Bagaimana kalau saya sarankan kepada Salma agar membuat video animasi Juki&Friends berjudul Semong, seperti animasi Ring of Fire (lihat cuplikannya di penggalan cerita Cincin Api di atas) untuk menunjang edukasi bencana gempa laut di Indonesia?[]

Advertisements

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s