MENENTUKAN FOKUS: Kupilih Tiga Saja

ben-stein-365kb083109
Credit title: parentdish.com

Semangat manusia tidak akan pernah berakhir ketika dikalahkan, semangat tersebut berakhir ketika manusia itu menyerah.” [Ben Stein: aktor; penulis; pengacara; pengamat politik Amerika]

Beberapa hari lalu, saya mengikuti lomba blog yang digelar Tourism Selangor, berharap dapat terpilih sebagai 12 blogger yang dihadirkan ke Selangor, Malaysia. Tema lomba adalah “what does travelling mean to you?” Simpel sekali; apa makna perjalanan bagimu?

Setahun lalu, seorang blogger Aceh terpilih ke sana. Itu motivasiku, bahwa jika dia mampu, kenapa saya tidak? Saya pun mencoba kali ini. Tapi setelah melihat pengumuman, tidak satupun nama blogger Indonesia yang terpilih.

Saya bersyukur tidak menang, sebab ada beberapa hal yang belum kumiliki jika menang dan harus ke Malaysia akhir Oktober. Tidak terpilih juga merupakan pengalaman berharga bagiku. Terutama dalam dunia blogging.

Dari 12 blogger terpilih, saya dapat pelajaran bahwa; bikin blog itu harus fokus pada satu bidang saja; atau paling banter, tidak lebih dati tiga aspek kehidupan. Satu lagi, fotonya mesti bagus dan ulasannya harus simpel. Saya patut berterimakasih pada Tourism Selangor, berharap ada lomba serupa di Indonesia.

Mulai malam ini saya menegaskan untuk membenahi blog. Dulunya berisi gado-gado. Ke depan, saya akan fokus mereview tiga aspek saja: social, urban, and travelling, namun tetap mempertahankan gaya telling story alias cerita bertutur .

SOCIAL |

Social bencana gayoSocial atau sosial, selalu menarik perhatian saya, sejalan dengan perkuliahan saya di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, yang menekankan pada mempelajari perubahan sosial. Menurut saya, dunia adalah perubahan sosial. Perubahan yang terjadi pada kehidupan manusia selalu menarik ditulis, kemudian dibagikan melalui dunia maya untuk menebar pelajaran hidup.

URBAN |

Urban JakartaUrban atau perkotaan, tidak dapat saya elak. Saya suka memerhatikan fenomena perkotaan. Watak penduduk, kebijakan pemerintah, pertumbuhan bangunan, dan lalu lintas. Kita tidak bisa menebak apakah ada banyak inspirasi dan konspirasi pada hal-hal demikian? Tulislah, dapatkan jawabannya.

TRAVELLING |

Me in PrambananTravelling atau perjalanan, selalu menjadi topik terseksi di dunia maya. Sebenarnya saya sangat menyukai yang satu ini, namun masih kurang dukungan dari alat dokumentasi: kamera DSLR, cita-citaku sejak SMA. So, meski bermodal kamera kawan, saya akan coba menulis tentang perjalanan, dari terdekat hingga terjauh; dari luar kota, luar daerah, hingga luar negeri kalau ada kesempatan.

Selain menentukan fokus, saya juga menetapkan ikon blog, yaitu dua huruf “K” yang saling berhadapan. Merah dan biru. Mereka kependekan dari Koki Kata, judul blog saya. Merah berarti berani dan biru bermakna damai. Kadang perlu keberanian untuk menciptakan perdamaian.

Beberapa “inovasi” itu menambahkan semangat saya ngeblog. Seperti kata Ben Stein di atas, saya tidak akan menyerah, harus tetap bersemangat mencarikan sesuatu yang bermanfaat lalu membagikannya ke dunia maya, seperti motto saya: “I get, I give.” Namun blog ini juga saya gunakan untuk mengikuti kontes blog, jika temanya terkait tiga hal; apalagi jika harus mereview brand. Terimakasih telah mengunjungi. 🙂

Rumoh Aceh, Prada, 14 Oktober 2013

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

18 thoughts on “MENENTUKAN FOKUS: Kupilih Tiga Saja”

  1. yup benar banget makmur. kakak pin demikian. dulu blog hanya tempat kakak mencoba resep.baru dengan beraneka tulisan. tapi lama kelamaan akhirnya tulisan kk pun terfokus ke traveling, life story, dan opini. wal hasil ketika fokus, banyak Hal yang kk dapatkan. seperti mendapat kerja sama dr beberapa perusahaan online, dll. Itulah pentingnya fokus 🙂

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

