Tiga Sumpah Pemuda Indonesia 2013

Pemuda Indonesia perlu menghayati teks Sumpah Pemuda yang ditulis Moehammad Yamin dan dideklarasikan pada 28 Oktober 1928. Simak teks berikut ini:

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Rasa-rasanya tiga sumpah itu perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sumpah itu sudah diperjuangkan pahlawan Indonesia pada masa lalu. Generasi selanjutnya patut menghargai dan menjadikannya sebagai referensi untuk hari ini. Maka, Pemuda Indonesia masa kini, 2013, harus menyesuaikan diri dengan zamannya dan melaksanakan sumpah baru. Saya mengusulkan:

1. Putra dan Putri Indonesia itu… berani bercita-cita dan mewujudkannya.cita2, get itSetelah pendeklarasian Sumpah Pemuda, Indonesia bercita-cita merdeka dari penjajahan asing. Rakyat Indonesia kemudian mewujudkannya sehingga merdeka pada 17 Agustus 1945.

Jika orang-orang dulu bisa, kenapa pemuda masa sekarang tidak? Pemuda Indonesia harus berani bercita-cita demi meraih kehidupan yang lebih baik di hari esok. Cita-cita perlu dipertanggungjawabkan, yaitu dengan mewujudkannya. Rahasia umum bahwa untuk menggapai cita-cita adalah berusaha sesungguh-sungguh mungkin dan berdoa pada Tuhan.

2. Putra dan Putri Indonesia itu… disiplin dan fokus pada tujuan hidup.fokus cita2Kawan saya bilang, “Pemuda Indonesia tidak disiplin.” Menurutku, maksud si kawan hanyalah sebagian pemuda saja. Nah, sebagian pemuda yang tidak disiplin itu dapat dilihat dari seberapa banyak melakukan ibadah tepat waktu. Padahal, tidak disiplin juga menghambat terwujudnya cita-cita.

Lalu, kawan saya juga mengeluh, “Pemuda Indonesia tidak fokus.” Juga sebagian pemuda, bahwa kita sering cepat bosan dalam mewujudkan sesuatu. Kobosanan itu lantas mengalihkan cita-cita. Cita-cita dulu ditinggalkan untuk meraih cita-cita baru. Bahkan pergantian cita-cita itu bisa berulang-ulang namun tidak mempelajari penyebab kegagalannya. Padahal, keseringan tidak menuntaskan apa yang telah dimulai itu dapat menghambat tujuan hidup. Lihatlah bagaimana Abraham Samad dan kawan-kawan Komisi Pemberantas Korupsi memberantas korupsi di tanah air.

3. Putra dan Putri Indonesia itu… cinta tanah air dan suka berbagi.cintai tanah airBagaimanapun keadaan Indonesia di masa lalu dan hari ini, itulah tanah air kita. Pemuda Indonesia harus mengutamakan cita-cita yang berdampak pada kebaikan tanah air, seperti BJ Habibie menciptakan pesawat terbang.

Kebiasaan berbagi juga harus dimiliki, karena berbagi adalah kebahagiaan. Cita-cita yang telah diraih, perlu dibagikan pengalamannya kepada generasi selanjutnya. Berbagi ilmu pengetahuan, teori dan pengalaman, adalah wujud cinta tanah air yang paling mudah dilakukan. Alam yang baik harus diwujudkan oleh manusia yang berpengetahuan baik, yaitu orang-orang yang tidak pernah puas untuk mencari tahu dan berbagi pengetahuan.

Tiga Sumpah Pemuda Indonesia 2013 versi saya cukup sederhana. Mewujudkan cita-cita, fokus pada tujuan hidup, dan berbagi apa yang telah diraih, adalah formula untuk menggapai hidup lebih baik. Bangsa yang maju adalah bangsa yang bercita-cita, seperti Jepang yang bangkit setelah fokus mewujudkan cita-citanya usai bom atom menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki.[]

Banda Aceh, 22 Oktober 2013

Advertisements

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

29 thoughts on “Tiga Sumpah Pemuda Indonesia 2013”

  1. Ya, kebanyakan dari pemuda/i sekarang mudah sekali beralih cita-cita tanpa mempelajari sisi kegagalan y tertundanya, hmn… aku rasa harus melihat sisi itu deh… tq makmur tulisan y menginspirasikan sekali. ^0^

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s