TMII Online, 30 Menit Keliling Indonesia

maskot TMII

Tahukah Anda?

Marco Polo dan Kristoforus Kolumbus barangkali membawa serta peta saat melakukan perjalanan dari Eropa ke Timur. Tapi Marco Polo dan Kolumbus jaman sekarang cukup bawa gadget atau smartphone. Misal mau keliling Indonesia, cuma butuh waktu 30 menit!

Kemampuan menjawab zaman itulah yang dilakukan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) setelah berusia 39 tahun. Kini TMII siap-siap menerima tamu di dua dunia: nyata dan maya. Jika dulu harus ke Jakarta Timur untuk melihat karakter 34 daerah di Indonesia, sekarang bisa di mana saja, dengan modal telepon pintar dan koneksi wifi.

Ya, TMII memiliki kompleks online di tamanmini.com. Di halaman utama, terdapat beberapa kolom, salah satunya Peta Interaktif. Dengan mengklik-nya, kita bagai bermain game online. Pengalaman saya beberapa waktu lalu, saya mulai tur dari Sabang hingga Merauke.

Tampilan versi Englihs, masih ada yang berbahasa Indonesia. :D
Tampilan utama. Klik kolom “Peta Interaktif” jika ingin tur Indonesia. 😀
Beginilah kelihatan saat kita buka "Peta Interaktif". Next, where is your destination? :D
Beginilah kelihatan saat kita buka “Peta Interaktif”. The next, where is your destination? 😀

Rumah-rumah adat beragam bentuk berjejer mengelilingi danau yang menunjukkan Indonesia sebagai negara kepulauan. Museum, tempat ibadah, wahana rekreasi, taman, dan sarana keliling, mempercantik rupa TMII online.

Saya cuma menempuh waktu setengah jam untuk mengenal karakter setiap daerah di Indonesia. Pengetahuan kilat ini mungkin tidak kita peroleh secepat itu saat memasuki langsung arena TMII dengan waktu yang sama.

Bagi turis asing, mereka bisa memilih versi Bahasa Inggiris dengan mengklik logo bendera Kebangsaan Inggris. Namun, saya perhatikan hingga 30 April, belum ada terjemahan ke Bahasa Inggris, kecuali judul-judul kolom saja yang berbahasa Inggris.

TMII English
Tampilan versi English, masih ada yang berbahasa Indonesia. 😀

Seharusnya, semua penjelasan tentang anjungan daerah dan informasi lainnya haruslah dalam bahasa Inggris. Sehingga akan sangat membantu calon wisatawan mancanegera. Apalagi ke depan diperkirakan industri online semakin maju dan meninggalkan media cetak.

Informasi daerah setiap kita klik anjungan, seprti terlihat di Anjungan Nusa Tenggara Barat.
Ada informasi daerah setiap kita klik ikon anjungan, seperti terlihat di Anjungan Nusa Tenggara Barat ini.
Daftar harga yang harus dikeluarkan pengunjung jika ingin menikmati wahana di TMII. Info awal ini dapat dilihat di tamanmini.com
Daftar biaya yang harus dikeluarkan pengunjung jika ingin menikmati wahana di TMII. Info awal ini dapat dilihat di tamanmini.com
Peta lokasi TMII. Pengunjung tamanmini.com bisa memperolehinya dengan klik "Bagaimana cara menuju TMII" di bawah kolom Peta Interaktif.
Peta lokasi TMII versi Google Maps. Pengunjung tamanmini.com bisa memperolehnya dengan klik “Bagaimana cara menuju TMII” di bawah kolom Peta Interaktif.

Sekilas, tagline pariwisata Indonesia “Wonderful Indonesia” sudah tergambarkan dalam tamanmini.com. Namun sebagai bahan evaluasi pengelola TMII online khususnya, lebih baik bila setiap informasi di anjungan daerah dikoneksikan dengan website resmi pemerintah daerah tersebut. Ditambah lagi dengan video klip tarian khas masing-masing daerah, maka tamanmini.com bisa menjadi “surga informasi wisata Indonesia”.

Dan pada akhirnya, bila belum merasa puas berwisata online di tamanmini.com, pengunjung bisa langsung ke TMII di Jakarta Timur, melihat keindahan Indonesia dari dekat.

Saya cuma pernah melihat TMII dari dalam mobil di jalan tol menuju Bekasi pada Desember 2013. Kehadiran TMII online ini cukup membantu saya mengetahui selayang pandang budaya dari seluruh daerah di Indonesia. Let’s joy Wonderful Indonesia. 🙂 []

Kompetisi Blog dan Jurnalistik Taman Mini Indonesia Indah

NoteTulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog dan Jurnalistik Taman Mini “Indonesia Indah” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) ke-39.

Advertisements

Author: Makmur Dimila

A calm boy. Love reading, travelling, and writing.

8 thoughts on “TMII Online, 30 Menit Keliling Indonesia”

  1. Weh, baru tau ada aplikasi beginian, terobosan baru ni, Selamat Ulang Tahun ya TMII, selalu berinovasi mengenalkan Indonesia ya, buat Makmur, promosi Aceh di TMII sekali-kali 😀

Terimakasih telah berkunjung. Komentar Anda kebahagiaan kita. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s